Minggu, 24 Juni 2012

Curug Cikaso

Curug Cikaso sebenarnya bernama Curug Luhur, mengalir dari anak sungai Cikaso yang bernama Cicurug. Tapi oleh kebanyakan orang, curug ini lebih dikenal dengan nama Curug Cikaso.  Curug Cikaso terbentuk dari tiga titik air terjun yang berdampingan dalam satu lokasi di bagian bawahnya terdapat kolam dengan warna airnya hijau kebiru-biruan.  Kedua titik air terjun dapat terlihat dengan jelas sedangkan yang satu agak tersembunyi dengan tebing yang menghadap ke timur.  Curug ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter ini terdiri dari 3 air terjun dan lebar tebingnya hampir 100 meter. Berkunjung ke Curug Cikaso sebaiknya dilakukan pada pagi hari karena bias sinar matahari yang baru terbit akan tercipta dengan jelas dari butir-butir halus cipratan air terjun. Di kawasan ini juga terdapat curug yang lain yaitu Curug Cigangsa yang berjarak tempuh ± 30 menit atau sekitar 10 km.

Untuk menuju lokasi curug dapat ditempuh dengan dua cara. Yang Pertama adalah dengan jalan darat, kendala yang dihadapi dengan cara ini adalah kita tidak dapat menuju lokasi dengan menggunakan kendaraan bermotor apalagi kendaraan roda empat. Jalan darat yang ada berupa jalan kecil yang melewati tanah-tanah huma (ladang) milik penduduk. Ini berarti kita harus meninggalkan kendaraan yang kita gunakan untuk kemudian berjalan kaki menuju lokasi curug.Cara yang Kedua adalah dengan menyewa perahu yang disediakan oleh penduduk setempat. Cara inilah yang lebih banyak digunakan oleh wisatawan yang berniat mengunjungi curug Cikaso. Cara inipun membuat kita harus meninggalkan kendaraan yang kita gunakan, akan tetapi cara ini jauh lebih menyenangkan karena sepanjang perjalanan menyusuri sungai Cikaso menuju lokasi curug melewati tempat-tempat yang memiliki pemandangan yang begitu indah (mirip Grand Canyon).

Kurang lebih 2 jam perjalanan dari Amandaratu akhirnya kami sampai juga di lokasi Curug Cikaso, sebelum masuk lokasi mesti bayar tiket dulu harganya kisaran 60 - 75 ribu pinter - pinter  kita menawar, setelah membayar tiket kamipun menuju lokasi dari tempat parkir kendaraan terdapat dua jalan untuk sampai ke Curug Cikaso yang jaraknya sekitar 200 meter lagi yang pertama jalur darat dan yang kedua jalur sungai dengan cara menyewa perahu, akhirnya kamipun memilih jalur sungai dengan menyewa perahu seharga Rp 60 Ribu Pulang Pergi, setelah beberapa menit menelusuri sungai akhirnya sampai juga di Curug Cikaso. sebelum menikmati keindahan Curug Cikaso dan merasakan dinginnya air curug  kamipun makan terlebih dahulu biar ada tenaga buat berenang.





Setelah selesai makan kamipun mendekati Curug Cikaso disini ada yang berenang ada juga yang duduk - duduk dengan santai di batu dekat Curug Cikaso, Wah Asyik nyah liburan kali ini......!!!























kurang lebih 2 jam kami berada di Curug Cikaso akhirnya memutuskan untung kembali ke tempat penginapan yaitu di Ujung Genteng, untuk menuju tempat parkir kami harus kembali naik perahu.













Setelah selesai naik perahu  sempat berfoto - foto di tempat pemberhentian ataupun naik perahu




Kemudian menuju tempat parkiran lalu masuk mobil dan langsung meluncur ke Tempat Penginapan di Pantai Ujung Genteng.

Lokasi
Terletak di antara Jampang Kulon dan Surade tepatnya di Desa Sumberjaya, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, Propinsi Jawa Barat.
Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Surade,Kabupaten Sukabumi.
Peta dan Koordinat GPS: 7° 21′ 40.13″ S  106° 37′ 3.88″ E

Baca Petualangan Kami Selanjutnya Di Pantai Ujung Genteng Sesion II...

1 komentar:

  1. petualangan yang pasti sangat menyenangkan..... mantap ya... ditunggu tulisannya pada wisata berikutnya

    BalasHapus

Copyright © 2012 Petualangan Lelaki Sejati - Mis